Media Vidual Animasi

 Tugas Kajian Seni Rupa Dan Desain

Nama : Ahmad Fadillah
NPM : 202246500039
Kelas : R4A

Kata animasi berasal dari bahasa Latin, anima yang berarti “hidup” atau animare yang berarti “meniupkan hidup ke dalam”. Kemudian istilah tersebut dialih bahasakan ke dalam bahasa Inggris menjadi Animate yang berarti memberi hidup (to give life to), atau Animation yang berarti ilusi dari gerakan, atau hidup. Lazimnya istilah animation diartikan membuat film kartun (the making of cartoons). Istilah animation tersebut dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Animasi.

Kata “Animasi” itu sendiri sebenarnya penyesuaian dari kata “animation” (dalam bahasa inggris), berasal dari kata dasar “to animate”, dalam kamus umum Inggris-Indonesia berarti “menghidupkan” (Wojowasito, 1997). Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati; Suatu benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup.

Pembuatan Animasi masih dianggap terlalu sophisticated dan mahal dengan teknologi computer yang teramat sulit dan rumit. Animasi menjadi media komunikasi yang serba terbatas ruang lingkupnya. Berbeda dengan yang terjadi di era digital, animasi tumbuh berkembang menjadi media baru yang menarik. Perangkat hardware maupun software computer animasi semakin berkembang dan canggih sehingga mengantarkan proses produksi animasi semakin berkembang, mudah dan murah. Termasuk cara distribusi karya animasi yang semakin bervareasi dan massif. Kondisi tersebut, memungkinkan diproduksinya karya-karya animasi dalam berbagai lini kehidupan penting manusia. Animasi menjelma menjadi media pembelajaran, media Pendidikan, media Dongeng, media komunikasi, media persuasi, media informasi grafis bergerak, meia Tutorial, media simulasi, media hiburan (entertainment), media games, media film, media Seni dan berbagai media yang lain.

Kedahsyatan dan keunikan animasi telah mengantarkannya sebagai jembatan untuk menuangkan ide-ide fiksi fantasi maupun realitas dalam bentuk karya, termasuk karya artistik dengan eksplorasi estetika seni. Disisi lain, daya tarik animasi yang bisa menyedot perhatian banyak orang, telah mampu untuk dijual menjadi komoditas industri massa yang mampu mendatangkan banyak keuntungan dan menghidupkan roda bisnis dan perekonomian. Singkatnya, animasi telah menjadi magnet yang kuat untuk menuangkan segala ide, gagasan dan ekspresi serta mampu menjadi industri kreatif yang menarik dan menjanjikan dalam kehidupan masyarakat modern.

Kreativitas dalam dunia animasi, semakin lama semakin bervareasi dan menggairahkan. Ibarat sirkus, animator senantiasa berakrobat untuk selalu menarik perhatian penontonnya. Resep untuk menarik perhatian itu semakin lama terus berkembang, dengan berbagai inovasi atau menggabungkan banyak hal (fluxus) menjadi suatu terobosan yang mampu menyedot perhatian orang, Dalam perkembangannya, animasi mampu menjembatani antara idealisme dan bisnis. Sungguh mencengangkan, dibuatnya film-film animasi untuk konsumsi bioskop.

Bukan hanya dalam film, animasi juga tidak lepas dalam dunia permainan (games) digital dalam kurun waktu yang lama. Pergerakan-pergerakan visual yang disajikan dengan cara interaksi pun mempunyai peranan penting agar dapat menarik perhatian pemainnya. Bahkan di era digital dengan kecanggihan teknologi gadget, animasi games online menjadi sangat digemari banyak orang bahkan kalangan dewasa, remaja dan anak-anak sekalipun. Animasi selalu ada dalam era digital ini yang menyajikan gambar-gambar bergerak, baik dalam dunia cyber atau internet, televisi, sampai gadget dan smartphone sekalipun yang terus menyajikan perubahan dan pergerakan gambar.

Karakteristik Animasi Sebagai Media Komunikasi Komunikasi manusia terdiri atas pertukaran simbol untuk memahami konteks-konteks sosial dengan cara penyampaian pesan yang bisa saja secara auditif, seperti bahasa, sinyal suara, atau sinyal visual seperti gambar, gerak, atau auditif dan visual secara bersamaan. Cara penyampaian pesan visual menjadi sangat penting pada saat ini sebagaimana pesan yang diberikan sebagai komunikasi terhadap visual, khususnya dalam animasi yang bukan hanya berbicara tentang pergerakan saja, tetapi juga terhadap seluruh simbol-simbol, baik secara tekstual, suara, serta gambar-gambar yang diberikan.

Adapun juga pengenalan Desain Komusikasi Visual dan Animasi dalam dunia untuk pelajar, Desain Komunikasi Visual merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ekspresi kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual atau visual untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi atau persuasi, yaitu mempengaruhi perilaku). Banyak hal yang bisa dipelajari dalam dunia DKV, salah satunya animasi. Program pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan siswa SMA dan SMK tentang dunia DKV dan ilmu animasi di dunia industri. Materi yang disampaikan meliputi pengetahuan dasar DKV, animasi dan kesempatan kerja.

Pada era global saat ini perkembangan dalam bidang teknologi dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam berbagai sektor. Era global adalah era dimana ide dan kreativitas yang bersinergi dengan teknologi dan budaya sehingga menghasilkan sebuah nilai baru kepada kehidupan masyarakat. Sinergi anatara ide, kreatifitas, budaya dan pemanfaatan teknologi akan memberikan dampak pada prekonomian.

Desain Komunikasi Visual dan animasi merupakan salah satu cabang ilmu yang menggali kreativitas tinggi. Penyampaian pesan, ide, atau gagasan yang di wujudkan secara visual sehingga dapat memberikan efek kepada yang menyaksikannya. Perguruan tinggi di Indonesia saat ini banyak membuka jurusan atau program studi DKV dana animasi, hal ini didasari karena antusias masyarakat melihat peluang berkarir didunia industry kreatif.

DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.

Desain Komunikasi Visual dan Animasi saat ini menjadi tren di kalangan siswa-siswa SMU/SMK untuk melanjutkan jenjangnya di perguruan tinggi. Minimnya informasi dan pemahaman mengenai keilmuan DKV dan Animasi membuat jurusan ini sering kali membuat calon mahasiswa mengurungkan niatnya untuk mempelajari keilmuan ini lebih lanjut. Untuk mewujudkan impian Indonesia menjadi peringkat kelima dalam ekonomi global melalui industri kreatifnya, maka dari itu diperlukan pengenalan sejak dini kepada generasi penerus mengenai DKV dan Animasi sebagai salah satu sektor ekonomi kreatif.

Animasi adalah media audio visual yang merupakan kumpulan gambar bergerak dan suara berisikan materi pembelajaran yang ditampilkan melaui media elektronik proyektor sebagai usaha untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Selain itu, dalam hal ini (Purwono & Astuti, 2021, p. 24) juga mengatakan Media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk video dapat memberikan memori jangka panjang kepada peserta didik karena media video disajikan melalui animasi, gambar, dan suara.

“animasi merupakan satu bentuk presentasi bergambar yang paling menarik, yang berupa smulasi gambar bergerak yang menggambarkan perpindahan atau pergerakan suatu objek” Penggunaan animasi dalam proses pembelajaran sangat membantu dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pengajaran, serta hasil pembelajaran yang meningkat. Selain itu, penggunaan media pembelajaran khususnya animasi dapat meningkatkan daya tarik, serta motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kesimpulan :

Animasi telah berkembang sedemikian rupa dan begitu pesat merambah berbagai aspek penting kehidupan manusia seperti mempermudah siswa untuk belajar lewat video animasi, Hal ini bisa mengantarkan animasi sebagai bagian penting dalam kehidupan manusia modern dalam peradaban yang semakin maju. Animasi juga sudah menjadi kebudayaan masyarakat modern, dan animasi fleksibel serta sangat dibutuhkan, animasi juga sudah ada di mana-mana.

Animasi telah mampu menjadi media untuk estetika seni, dengan kemampuan visualisasinya yang spektakuler serta ceritanya yang fantastis dengan imajinasi yang tak terbatas. Animasi mampu mengantarkan dirinya menjadi bagian dari seni kontemporer dunia. Disamping itu, animasi juga telah menjelma menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, dimana animasi menjadi bagian dari sistem perekonomian dengan kekuatan industri kreatif yang menjanjikan.

DAFTAR PUSTAKA:

Zuhdan Aziz. Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital Vol.7, No.1, April 2019, pp. 49-58. ISSN: (print) 2339-2681 | (online) 2621-2579. http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL

Dhika Yuan Yurisma dan Ardian Jaya Prasetya. Pengenalan Desain Komunikasi Visual Dan Animasi Dalam Dunia Industri Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas  / Tekmulogi Vol. 1, No. 1, Mei 2021 pp. 34-40.

Sinta , Ramanata Disurya , Imelda Ratih Ayu. Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 731-744 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education ISSN: 2686-1895 (Printed); 2686-1798 (Online)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lagu

ANALISIS SEMIOTIKA PADA LAGU-IF I HAD A GUN NOEL GALLAGHER