Media Vidual Animasi
Tugas Kajian Seni Rupa Dan Desain
Nama : Ahmad FadillahKata animasi berasal dari bahasa Latin, anima yang berarti
“hidup” atau animare yang berarti “meniupkan hidup ke dalam”. Kemudian istilah
tersebut dialih bahasakan ke dalam bahasa Inggris menjadi Animate yang berarti
memberi hidup (to give life to), atau Animation yang berarti ilusi dari
gerakan, atau hidup. Lazimnya istilah animation diartikan membuat film kartun
(the making of cartoons). Istilah animation tersebut dialih bahasakan ke dalam
bahasa Indonesia menjadi Animasi.
Kata “Animasi” itu sendiri sebenarnya penyesuaian dari kata
“animation” (dalam bahasa inggris), berasal dari kata dasar “to animate”, dalam
kamus umum Inggris-Indonesia berarti “menghidupkan” (Wojowasito, 1997). Secara
umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati;
Suatu benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi
hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup.
Pembuatan Animasi masih dianggap terlalu sophisticated dan
mahal dengan teknologi computer yang teramat sulit dan rumit. Animasi menjadi
media komunikasi yang serba terbatas ruang lingkupnya. Berbeda dengan yang
terjadi di era digital, animasi tumbuh berkembang menjadi media baru yang
menarik. Perangkat hardware maupun software computer animasi semakin berkembang
dan canggih sehingga mengantarkan proses produksi animasi semakin berkembang,
mudah dan murah. Termasuk cara distribusi karya animasi yang semakin bervareasi
dan massif. Kondisi tersebut, memungkinkan diproduksinya karya-karya animasi
dalam berbagai lini kehidupan penting manusia. Animasi menjelma menjadi media
pembelajaran, media Pendidikan, media Dongeng, media komunikasi, media
persuasi, media informasi grafis bergerak, meia Tutorial, media simulasi, media
hiburan (entertainment), media games, media film, media Seni dan berbagai media
yang lain.
Kedahsyatan dan keunikan animasi telah mengantarkannya
sebagai jembatan untuk menuangkan ide-ide fiksi fantasi maupun realitas dalam
bentuk karya, termasuk karya artistik dengan eksplorasi estetika seni. Disisi
lain, daya tarik animasi yang bisa menyedot perhatian banyak orang, telah mampu
untuk dijual menjadi komoditas industri massa yang mampu mendatangkan banyak
keuntungan dan menghidupkan roda bisnis dan perekonomian. Singkatnya, animasi
telah menjadi magnet yang kuat untuk menuangkan segala ide, gagasan dan
ekspresi serta mampu menjadi industri kreatif yang menarik dan menjanjikan
dalam kehidupan masyarakat modern.
Kreativitas dalam dunia animasi, semakin lama semakin
bervareasi dan menggairahkan. Ibarat sirkus, animator senantiasa berakrobat
untuk selalu menarik perhatian penontonnya. Resep untuk menarik perhatian itu
semakin lama terus berkembang, dengan berbagai inovasi atau menggabungkan
banyak hal (fluxus) menjadi suatu terobosan yang mampu menyedot perhatian orang,
Dalam perkembangannya, animasi mampu menjembatani antara idealisme dan bisnis.
Sungguh mencengangkan, dibuatnya film-film animasi untuk konsumsi bioskop.
Bukan hanya dalam film, animasi juga tidak lepas dalam dunia
permainan (games) digital dalam kurun waktu yang lama. Pergerakan-pergerakan
visual yang disajikan dengan cara interaksi pun mempunyai peranan penting agar
dapat menarik perhatian pemainnya. Bahkan di era digital dengan kecanggihan
teknologi gadget, animasi games online menjadi sangat digemari banyak orang
bahkan kalangan dewasa, remaja dan anak-anak sekalipun. Animasi selalu ada
dalam era digital ini yang menyajikan gambar-gambar bergerak, baik dalam dunia
cyber atau internet, televisi, sampai gadget dan smartphone sekalipun yang
terus menyajikan perubahan dan pergerakan gambar.
Karakteristik Animasi Sebagai Media Komunikasi Komunikasi
manusia terdiri atas pertukaran simbol untuk memahami konteks-konteks sosial
dengan cara penyampaian pesan yang bisa saja secara auditif, seperti bahasa,
sinyal suara, atau sinyal visual seperti gambar, gerak, atau auditif dan visual
secara bersamaan. Cara penyampaian pesan visual menjadi sangat penting pada
saat ini sebagaimana pesan yang diberikan sebagai komunikasi terhadap visual,
khususnya dalam animasi yang bukan hanya berbicara tentang pergerakan saja,
tetapi juga terhadap seluruh simbol-simbol, baik secara tekstual, suara, serta
gambar-gambar yang diberikan.
Adapun juga pengenalan Desain Komusikasi Visual dan Animasi
dalam dunia untuk pelajar, Desain Komunikasi Visual merupakan cabang ilmu
desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ekspresi kreatif, teknik dan
media dengan memanfaatkan elemen visual atau visual untuk menyampaikan pesan
untuk tujuan tertentu (tujuan informasi atau persuasi, yaitu mempengaruhi
perilaku). Banyak hal yang bisa dipelajari dalam dunia DKV, salah satunya
animasi. Program pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan siswa SMA dan SMK
tentang dunia DKV dan ilmu animasi di dunia industri. Materi yang disampaikan
meliputi pengetahuan dasar DKV, animasi dan kesempatan kerja.
Pada era global saat ini perkembangan dalam bidang teknologi
dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam berbagai sektor. Era global adalah era
dimana ide dan kreativitas yang bersinergi dengan teknologi dan budaya sehingga
menghasilkan sebuah nilai baru kepada kehidupan masyarakat. Sinergi anatara
ide, kreatifitas, budaya dan pemanfaatan teknologi akan memberikan dampak pada
prekonomian.
Desain Komunikasi Visual dan animasi merupakan salah satu
cabang ilmu yang menggali kreativitas tinggi. Penyampaian pesan, ide, atau
gagasan yang di wujudkan secara visual sehingga dapat memberikan efek kepada
yang menyaksikannya. Perguruan tinggi di Indonesia saat ini banyak membuka
jurusan atau program studi DKV dana animasi, hal ini didasari karena antusias
masyarakat melihat peluang berkarir didunia industry kreatif.
DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep
komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan
elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan
tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi
perilaku). Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV.
Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain
kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau
kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan
inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling
mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.
Desain Komunikasi Visual dan Animasi saat ini menjadi tren
di kalangan siswa-siswa SMU/SMK untuk melanjutkan jenjangnya di perguruan
tinggi. Minimnya informasi dan pemahaman mengenai keilmuan DKV dan Animasi
membuat jurusan ini sering kali membuat calon mahasiswa mengurungkan niatnya
untuk mempelajari keilmuan ini lebih lanjut. Untuk mewujudkan impian Indonesia
menjadi peringkat kelima dalam ekonomi global melalui industri kreatifnya, maka
dari itu diperlukan pengenalan sejak dini kepada generasi penerus mengenai DKV
dan Animasi sebagai salah satu sektor ekonomi kreatif.
Animasi adalah media audio visual yang merupakan kumpulan
gambar bergerak dan suara berisikan materi pembelajaran yang ditampilkan melaui
media elektronik proyektor sebagai usaha untuk menciptakan pembelajaran yang
aktif dan menyenangkan. Selain itu, dalam hal ini (Purwono & Astuti, 2021,
p. 24) juga mengatakan Media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk video dapat
memberikan memori jangka panjang kepada peserta didik karena media video
disajikan melalui animasi, gambar, dan suara.
“animasi merupakan satu bentuk presentasi bergambar yang
paling menarik, yang berupa smulasi gambar bergerak yang menggambarkan
perpindahan atau pergerakan suatu objek” Penggunaan animasi dalam proses
pembelajaran sangat membantu dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi
proses pengajaran, serta hasil pembelajaran yang meningkat. Selain itu,
penggunaan media pembelajaran khususnya animasi dapat meningkatkan daya tarik,
serta motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kesimpulan :
Animasi telah berkembang sedemikian rupa dan begitu pesat
merambah berbagai aspek penting kehidupan manusia seperti mempermudah siswa
untuk belajar lewat video animasi, Hal ini bisa mengantarkan animasi sebagai
bagian penting dalam kehidupan manusia modern dalam peradaban yang semakin
maju. Animasi juga sudah menjadi kebudayaan masyarakat modern, dan animasi
fleksibel serta sangat dibutuhkan, animasi juga sudah ada di mana-mana.
Animasi telah mampu menjadi media untuk estetika seni,
dengan kemampuan visualisasinya yang spektakuler serta ceritanya yang fantastis
dengan imajinasi yang tak terbatas. Animasi mampu mengantarkan dirinya menjadi
bagian dari seni kontemporer dunia. Disamping itu, animasi juga telah menjelma
menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, dimana animasi menjadi bagian dari
sistem perekonomian dengan kekuatan industri kreatif yang menjanjikan.
DAFTAR PUSTAKA:
Zuhdan Aziz. Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru
Digital Vol.7, No.1, April 2019, pp. 49-58. ISSN: (print) 2339-2681 | (online)
2621-2579. http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL
Dhika Yuan Yurisma dan Ardian Jaya Prasetya. Pengenalan
Desain Komunikasi Visual Dan Animasi Dalam Dunia Industri Untuk Pelajar Sekolah
Menengah Atas / Tekmulogi Vol. 1, No. 1,
Mei 2021 pp. 34-40.
Sinta , Ramanata Disurya , Imelda Ratih Ayu. Pengaruh Media
Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun
2022 Halaman 731-744 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in
Faculty of Education ISSN: 2686-1895 (Printed); 2686-1798 (Online)
Komentar
Posting Komentar